Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

21 October 2019

Share artikel ini:

Beberapa dari kamu pasti pernah begadang kan Healthy Women? Tahu gak sih, begadang bisa menimbulkan efek yang tidak baik di tubuh kamu! Jam tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan, karena pada saat manusia tidur tubuh memperbaiki kondisi fisik dan mental. Idealnya orang dewasa dikatakan telah mendapat tidur yang cukup jika jam tidurnya selama 7 – 9 jam per hari, sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10 – 13 jam setiap hari. Healthy Women, berikut risiko-risiko yang akan kamu hadapi jika kamu kurang tidur karena sering begadang.

1. Menaikan Berat Badan

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, metabolisme energi, dan pengolahan glukosa. Tidur yang kurang dapat bisa mengacaukan fungsi-fungsi hormon tersebut. Terganggunya hormon ghrelin dan hormon leptin mengakibatkan tubuh mudah merasa lapar dan keinginan mengonsumsi makanan manis meningkat, sehingga memengaruhi berat badan bahkanmenyebabkan obesitas. Siapa yang suka nyemil atau bahkan makan saat lagi begadang?

2.  Fungsi Kekebalan Tubuh Menurun

Healthy Women, kurangnya jam tidur juga dapat membuat tubuhmu rentan terhadap penyakit lho. Tubuh memerlukan waktu istirahat untuk mengisi energi kembali setelah melakukan banyak aktivitas seharian dan memerbaiki metabolisme. Jika kamu tidak memberikan tubuhmu waktu yang cukup untuk beristirahat, maka tubuh dapat menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Usaha kamu untuk bisa melakukan lebih banyak kegiatan dengan begadang bisa terganggu karena badan kamu menjadi sakit. 

3. Kesehatan Kulit Berkurang 

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit kusam, menimbulkan garis halus, lingkaran hitam di bawah mata, dan tumbuhnya jerawat pada banyak orang. Hal ini terjadi karena kurang tidur membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih dan menyebabkan tubuh memecah kolagen pada kulit sehingga kandungan kolagen pada kulit berkurang. Padahal, kolagen adalah protein yang membuat kulit halus dan elastis. Jika kamu terus begadang dalam jangka waktu yang panjang kamu juga bisa mengalami penuaan dini lho!Maka dari itu, tidurlah yang cukup untuk menjaga kesehatan kulitmu ya Healthy Women!

4. Tingkat Kesuburan Menurun di Usia Muda

Begadang dapat menganggu siklus biologis tubuh dan memicu stress, yang berefek pada terganggunya hormon reproduksi. Gangguan kesuburan yang dialami oleh wanita terjadi karena kadar lemak yang ada di dalam tubuh meningkat. Kadar lemak ini akan mengganggu kerja hormon di dalam tubuh dan kemungkinan terjadi infertilitas semakin tinggi. Gangguan produksi sel telur kerap terjadi pada wanita yang sering begadang. Meski sel telur tetap bisa dihasilkan setiap ovulasi, tetapi kualitasnya akan rendah sehingga peluang terjadi kehamilan akan semakin rendah pula. Selain itu, begadang dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu, karena ovulasi belum terjadi dan endometrium tidak terbentuk.

Setelah mengetahui efek negative begadang, tentu kamu tidak mau begadang lagi kan? Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidurmu agar energimu terisi kembali. Jika terdapat gangguan tidur yang membuat kualitas atau jam tidur berkurang, segera konsultasikan keluhanmu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut  ya Healthy Women!

Other Articles