Bingung Atur Keuangan? Yuk, Mulai Berinvestasi Sederhana!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

05 March 2019

Share artikel ini:

Investasi selalu diidentikan dengan orang yang memiliki keuangan berlebih. Padahal, semua orang di usia berapapun bisa melakukan investasi di sejumlah bidang kok. Investasi sendiri menjadi persiapan dari segi finansial untuk menunjang keperluan masa depan. Terlebih, dalam usia produktif bekerja seperti sekarang ini, godaan untuk menghambur-hamburkan uang pada hal yang sebenarnya tidak diperlukan pastinya sering terjadi, bukan? Nah! Sebelum terlambat, ada beberapa jenis investasi yang bisa Healthy Women coba nih. Yuk, simak jenisnya yang aman untuk kamu lakukan.

  • Emas Batangan

Sumber foto: Pixabay.com/Stevebidmead

Emas selalu menjadi alternatif investasi yang menyenangkan dan mudah tanpa memerlukan modal besar. Sekarang ini bahkan, beberapa perusahaan tambang menjual logam mulia dalam bentuk kepingan atau batangan. Jika terlalu takut untuk menyimpan emas batangan di rumah, kamu bisa menggunakan bank emas sebagai wadah penyimpanannya. Harga emas kian hari akan semakin meningkat. Dalam jangka panjang, emas menjadi investasi akan menguntungkan.

  • Deposito

Sumber foto: Pixabay.com/nattanan2

Banyak healthy women yang tidak mampu menyimpan uang secara disiplin. Deposito bisa menjadi alternatif untuk menyisihkan penghasilan. Deposito menjadi cara menyimpan uang di bank dalam periode waktu tertentu. Uang baru bisa diambil dalam jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan. Biasanya bank akan menawarkan jangka waktu enam bulan hingga satu tahun. Risiko menyimpan uang dengan cara deposito terbilang sangat rendah. Namun bunga yang dihasilkan cukup tinggi dibandingkan tabungan biasa.

  • Tabungan di Bank

Sumber foto: Unsplash.com/Tim Evans

Selain deposito, bank menawarkan fasilitas tabungan. Menabung uang di bank bisa menjadi langkah awal untuk investasi. Jika uang tabungan di bank sudah terkumpul banyak, tabungan di bank ini bisa menjadi investasi ke tahap yang lebih tinggi. Namun karena bisa diambil sewaktu-waktu, bunga yang dihasilkan tidak tidak terlalu tinggi.

  • Reksa Dana

Sumber foto: Unsplash.com/ Raw Pixel
Banyak orang yang enggan untuk melakukan investasi saham karena risiko yang cukup besar. Untuk itu, sebagai permulaan Healthy Women bisa mencoba investasi reksa dana. Reksa dana ini sebenarnya instrumen investasi yang berasal dari banyak investor. Istilah sederhananya, Healthy Women melakukan ‘patungan’ dengan investor lain untuk membeli sebuah instrumen investasi. Uang yang diinvestasikan akan disebar ke beberapa perusahaan sehingga menurunkan risiko kerugian. Pembelian reksa dana kini dapat dilakukan e-commerce, tentu dengan bunga yang tidak terlalu besar. E-commerce biasanya menggunakan manajer investasi yang memiliki taraf aman soal naik turun saham reksa dana.

  • P2P Lending

Salah satu investasi sederhana lainnya yang bisa kamu coba ialah Peer to Peer Lending atau P2P. Untuk memulai invesasi ini, modalnya terbilang cukup ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja. Sistemnya, Healthy Women bisa bertindak sebagai pihak peminjam modal kepada pihak lain, misal kepada pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) melalui sebuah platform. Dari aktivitas tersebut, kamu bisa menarik keuntungan berbentuk bunga hingga 20% sebagai wujud hasil investasi. Namun, yang harus dicermati, biasanya proses ini tidak menggunakan jaminan, sehingga resikonya pun terbilang besar. Jadi pastikan untuk memilih perusahaan serta mencermati segala kebijakan yang diterapkan sehingga hal ini akan meminimalisir risiko yang terjadi pada investasi yang dijalankan.
Dengan melakukan ragam investasi di aatas, maka kini Healthy Women bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan demi masa depan yang lebih cemerlang!

Other Articles