Benefit Kegel Exercise untuk Kesehatan Rahimmu

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

18 June 2019

Share artikel ini:

Ada banyak cara untuk menjaga rahimmu, salah satunya dengan Kegel Terapi. Mungkin kamu sering mendengar senam Kegel untuk treatment bagi wanita hamil, tapi kamu juga bisa melakukan senam ini, Healthy Women. Senam Kegel pertama dilakukan oleh Dr. Arnold Kegel pada tahun 1948 untuk mencegah inkontinensia urin atau susah mengontrol keluarnya urin setelah persalinan. Inkontinensia urin adalah sebuah kondisi yang disebabkan melemahnya otot-otot di area panggul dan bawah rahim. Senam Kegel ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot area sekitar panggul.

Ternyata manfaat Kegel exercise bukan hanya itu saja lho, Healthy Women. Manfaat senam Kegel juga dapat mengencangkan otot-otot panggul di bawah rahim, kantong kemih, usus besar sampai rektum (anus). Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk memperkuat otot-otot bawah rahimmu. Yuk, ikuti cara-cara ini!

 

Mencari Tahu Otot Panggul

Cara pertama, kamu bisa mencari tahu di mana letak otot dasar panggul kamu, caranya dengan menghentikan urin saat kamu buang air kecil. Otot-otot itulah yang disebut otot dasar panggul.

 

Mulai Exercise

Latihan senam Kegel ini bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja, lho! Pertama, kamu bisa tekan otot panggul selama 3 detik dalam satu waktu, kemudian beristirahat terlebih dahulu. Latihan ini bisa kamu lakukan minimal 3x dalam 1 hari.

 

Fokus Pada Otot Panggul

Nah, supaya hasilnya lebih maksimal saat mengencangkan otot bawah rahim, kamu harus fokus mengatur otot dasar panggul saja. Pastikan kamu nggak memakai otot perut atau paha, ya Healthy Women. Kamu bisa melakukan Kegel exercise seperti gerakan di atas agar hasilnya lebih maksimal.

Menurut penelitian systematic review, efek senam Kegel ini bisa jadi terapi inkontinensia urin dan mengembalikan kekencangan otot-otot rahimmu untuk masa kehamilan sampai melahirkan. Jadi kamu bisa lakukan cara di atas mulai dari sekarang agar rahim kuat dan kesehatanmu terjaga, Healthy Women. Selamat mencoba!

Other Articles