Lakukan Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

17 September 2018

Share artikel ini:

Lupain ngantuk atau malas, kalau pengen tidur kita nyenyak dan besok bisa bangun dengan segar, kita wajib banget nih ngikutin beberapa cara berikut ya!

UNTUK OTAKMU

Baca buku (cetak, bukan digital) sebelum tidur itu seperti memberi makanan untuk otak kita. Selain menenangkan, baca buku sebelum tidur juga menurunkan kadar stres kita. Bahkan ada studi yang menjelaskan kalau baca buku bisa menjernihkan pikiran kita, ngurangin insomnia karena bikin kita cepet ngantuk dan bisa tidur nyenyak. Dan pastinya, kalau tidur kita nyenyak, bangun paginya bisa segar dan semangat deh. Patut dicoba nih.

UNTUK KULITMU

Bersihin muka dengan cleanser dan toner sesuai jenis kulit mukamu. Setelah itu pake pelembap secara merata untuk di daerah muka, karena pada saat tidur, kulit kita mengalami proses regenerasi. Dan selama sekian jam tertidur, kulit kita tetep butuh kelembapan biar nggak jadi kering. Hasilnya, kulit kita bisa lebih bersinar lho kalau dilakukan secara teratur. Biasakan juga minum air putih tepat sebelum tidur dan siapkan minum di samping tempat tidur kita ya. Pasokan air putih sebelum tidur bantu tubuh kita biar nggak dehidrasi selama kita tertidur.

UNTUK PERUTMU

Kita nggak akan bisa tidur nyenyak kalau dalam kondisi lapar. Minum segelas susu hangat terbukti bisa membantu kita tidur lebih nyenyak karena perut terisi. Rasa hangat dari susu juga merelaksasi ketegangan dalam tubuh kita sebelum tidur. Tapi ingat ya, jangan makan terlalu banyak sebelum tidur karena perut kekenyangan hanya akan bikin tidur kita malah nggak nyenyak dan gelisah.

UNTUK RAMBUTMU

Sisir rambut sebelum tidur biar rambut nggak kusut pas bangun pagi. Menyisir rambut sebelum tidur juga ternyata bisa membantu memperlancar aliran darah kita dan bikin rambut kita tetap sehat.

UNTUK TUBUHMU

Bersihkan area kewanitaan kita dengan benar. Ganti pembalut kalau kita sedang haid, atau ganti celana dalam kita biar tidur lebih nyaman. Beberapa orang bahkan milih buat sedikit berolahraga sebelum tidur seperti melakukan dua atau tiga gerakan yoga sederhana buat membuang ketegangan pada tubuh kita, memberi relaksasi yang kita inginkan sebelum tidur.

UNTUK BANGUNMU

Siapkan baju yang besok mau kita pakai lalu tulis dan tempel di kaca daftar apa aja yang harus dilakukan besok atau harus dibawa. Saat kita udah tau apa yang akan kita lakukan besok, bangun tidur akan lebih tenang dan nggak kaget atau linglung karena terburu-buru. Jangan lupa set alarm juga ya.

Other Articles