7 Hal yang Sering Ditanyain Soal Miss V

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

17 September 2018

Share artikel ini:

Pasti ada banyak banget pertanyaan seputar Miss V yang kita pengen tanyain, tapi kok malu banget rasanya kalo nanyain hal itu. Yang ada seringnya kita obrolin ke temen-temen dan malah dapet penjelasan yang salah. Coba cek artikel ini buat memenuhi rasa keingintahuan kita seputar Miss V yuk.

KENAPA SIH MISS V BERBAU DAN APAKAH ITU NORMAL?

Kalo kita beranggapan Miss V itu harus memiliki keharuman bak semerbak bunga, well, jelas itu anggapan yang salah. Basically, nggak ada Miss V yang bebas bau, karena hal tersebut merupakan hal yang normal dan pertanda sehat. Bau ini dihasilkan dari asam (pH) yang terkandung dalam cairan Miss V, yang normalnya berada di bawah 4.7. Namun pada masa haid, bau ini akan berubah, karena pH yang ada juga meningkat hingga 7.4. Makanya nggak heran kan kita sering nemuin kondisi Miss V berbau amis dan menyengat pada masa haid, and its completely normal .

APA PENYEBAB MISS V KITA GATAL?

Ada banyak penyebab kenapa bagian luar atau dalam Miss V kita terasa gatal. Beberapa penyebabnya adalah infeksi jamur, bakteri, tingkat estrogen yang nggak stabil menjelang haid, kondisi kulit eksim dan psoriasis, kudis, infeksi kutu rambut kemaluan, pembalut yang nggak cocok, atau reaksi alergi dari bahan kimia seperti sabun, produk pembersih tubuh seperti krim atau cairan pembilas Miss V.

Buat mengatasinya, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi kalo gatalnya sudah sangat mengganggu. Buat mengantisipasinya, hindari banget menggaruk bagian gatal, dan lebih baik tepuk atau menekannya dengan lembut. Hindari juga mandi menggunakan air panas, dan selalu rutin mengganti celana dalam untuk menjaga kebersihan organ intim kita.

HARUSKAH KITA MENCUKUR RAMBUT DI SEKITAR MISS V?

Fungsi rambut kemaluan sebenarnya adalah untuk penghalang bakteri ataupun virus masuk langsung ke dalam Miss V kita. Tapi kalo kita merasa lebih nyaman untuk mencukur atau merapikannya, nggak masalah kok karena tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan. Yang perlu diperhatikan adalah metode yang kita gunakan untuk menghilangkan rambut tersebut. Metode yang paling sering digunakan adalah waxing, laser, trimming, dan shaving. Metode yang paling disarankan adalah trimming, karena tidak melukai folikel rambut di Miss V kita. Saat kita menggunting rambut kemaluan, make sure kita menggunakan gunting yang tajam dan baru untuk menghindari infeksi, serta gunakan krim cukur atau lotion.

PERLU NGGAK SIH MEMBERSIHKAN MISS V DENGAN SABUN KHUSUS PEMBERSIH VAGINA?

Sebenernya kita nggak perlu cairan pembersih khusus buat membersihkan Miss V, cukup dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi, gunanya adalah untuk membuat flora bakteri baik dan normal yang seharusnya emang ada di area tersebut tidak menghilang.

EMANG BENER KITA NGGAK BOLEH SERING-SERING PAKE CELANA TERLALU KETAT?

Bener banget, bukan cuma karena akan nimbulin rasa nggak nyaman pada saat kita mengenakannya, menggunakan celana (atau celana dalam) terlalu ketat akan menambah resiko infeksi jamur dan membuat Miss V kita jadi kurang bernafas, cenderung lebih panas dan juga lebih lembab. Kondisi seperti ini yang menjadi habitat favorit bakteri untuk berkembang biak. Ketatnya celana juga menyebabkan terjadinya gesekan kain pada kulit yang mengakibatkan kulit lecet dan iritasi.

KATANYA KESERINGAN NAIK SEPEDA DAN OLAHRAGA EKSTRIM BAKAL MERUSAK SELAPUT DARA KITA YA?

Hymen atau selaput dara yang merupakan pertanda keperawanan merupakan jaringan tipis yang menghambat benda asing masuk ke Miss V. Biasanya hymen ini akan pecah ketika melakukan hubungan seksual buat pertama kalinya, dan mengakibatkan perdarahan ringan dan rasa nyeri. Namun, masuknya benda asing ke dalam Miss V tidak menjadi satu-satunya penyebab hymen robek. Beberapa gerakan olahraga memiliki resiko merobek hymen, seperti split, berenang yang memberikan tekanan keras pada otot panggul, bersepada karena meregangkan otot panggul dan tekanan pada sadel, berkuda dan juga senam lantai. Namun resiko tersebut terjadi apabila gerakan yang dilakukan cenderung ekstrim, jadi kita nggak perlu khawatir kok dan takut berolahraga. Dan perlu diingat, hymen yang robek akibat gerakan olahraga tidak lantas membuat seorang cewek nggak perawan lagi ya.

BERAPA LAMA SIH PEMBALUT HARUS DIGANTI PADA SAAT HAID?

Kelembapan emang jadi musuh utama Miss V. Makanya pada saat haid, penting banget buat kita mengganti pembalut paling nggak 3-4 jam sekali, karena di atas jam tersebut besar banget kemungkinan buat bakteri dan jamur tumbuh di Miss V kita. Kalo selama ini kita beranggapan deras tidaknya atau sedikit tidaknya darah haid yang keluar sebagai pertimbangan harus mengganti pembalut, pada saat darah haid sedikit pun kita tetap harus mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Karena kalo lebih lama maka flora di Miss V akan tumbuh dan meningkatkan resiko infeksi .

Makanya penting banget buat memilih pembalut yang bisa membuat masa-masa haid kita terasa nyaman dan bebas lembab, seperti Softex Daun Sirih 36 cm yang memiliki antiseptic alami dari ekstrak daun sirih yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kemampuannya menyerap cairan dalam 1 detik, bikin permukaan pembalut cepet kering dan menghindari kita dari keadaan lembab, dan terhindar dari kuman penyakit.

Other Articles