5 Manfaat Puasa Untuk Perempuan yang Jarang Diketahui

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

21 April 2022

Share artikel ini:

Photo by Thirdman from Pexels

Sekarang kita sudah memasuki bulan Ramadan, gimana puasa kamu sejauh ini girls? Semoga selalu lancar ya! Ngomong-ngomong kamu tahu nggak sih, kalau ternyata berpuasa itu punya banyak manfaat lho!

Seperti yang kita tahu, berpuasa adalah salah satu kegiatan ibadah yang wajib dijalankan selama bulan Ramadan. Tapi faktanya, kamu bisa merasakan banyak manfaat yang baik dari berpuasa. Yuk, kita lihat apa saja 5 manfaat baik dari berpuasa untuk perempuan!

Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental


Photo by Oleksandr Pidvalnyi from Pexels
 
Beberapa studi menemukan fakta kalau berpuasa mampu mengontrol gula darah yang bisa bantu kamu mengurangi risiko terkena diabetes. Selain itu, berpuasa juga dinilai efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan pola makan yang sehat.
 
Nggak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, puasa juga punya dampak positif ke kesehatan mental. Puasa ternyata dapat menurunkan hormon stress dan meningkatkan hormon endorfin yang ngasih kamu rasa bahagia. Hormon endorfin ini juga berpengaruh pada kekebalan tubuh kita sehingga tubuh lebih kuat dari serangan penyakit.
 
Mengeluarkan Racun pada Tubuh
Saat kita berpuasa, ada peningkatan produksi enzim yang terlibat dalam detoksifikasi serta meningkatkan kesehatan organ hati. Tak hanya itu, saat puasa tubuh juga akan mulai menggunakan cadangan lemak untuk menghasilkan energi. Pada proses tersebut, racun pada lemak akan dihancurkan bersama-sama.
 
Menjaga Kesehatan Kulit
Pada proses detoksifikasi tubuh, kulit wajah juga akan tampak lebih bersih, segar, dan cerah. Ini bisa terjadi karena produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan. Selain itu, puasa juga dapat membantu penyembuhan luka pada kulit lebih cepat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. 
 
Menurunkan Berat Badan
Apakah kamu salah satu orang yang memanfaatkan momen puasa untuk menurunkan berat badan? Memang, dengan mengurangi asupan makanan dan minuman selama berpuasa kamu bisa mengalami penurunan berat badan. 
 
Beberapa penelitian juga mendukung fakta tersebut. National Library of Medicine menemukan puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat menurunkan berat badan.
 
Penelitian lainnya dari National Library of Medicine juga menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan mengurangi lemak tubuh selama 12-24 minggu. 
 
Meningkatkan Fungsi Reproduksi
Pola makan dan gaya hidup yang sehat berpengaruh pada kesehatan reproduksi kita. Saat berpuasa, akan terjadi peningkatan proses pengeluaran racun pada tubuh. Saat itulah kadar hormon di dalam tubuh menjadi seimbang dan tubuh lebih siap untuk proses pembuahan.


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
 
Journal of Midlife Health menjelaskan, saat perempuan dengan berat badan berlebih melakukan puasa, maka dapat terjadi peningkatan hormon kesuburan. Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon yang awalnya tidak seimbang, menjadi seimbang. Dengan hormon tubuh yang seimbang, akan mempengaruhi proses ovulasi dan menstruasi seseorang.
 
Girls, kamu pernah merasakan manfaat berpuasa seperti di atas? Yuk, bagikan pengalaman kamu ke Instagram @womenhealthypedia!

Untuk menjaga miss V tetap lembab saat berpuasa, jangan lupa untuk selalu menggunakan pantyliner yang nyaman seperti Pantyliners Softex Daun Sirih! Dengan kandungan antiseptik alami, miss V kamu bisa terjaga kelembabannya dan terhindar dari risiko keputihan. Terlebih lagi, Pantyliners Softex Daun Sirih sudah #PastiHalal jadi kamu akan tetap nyaman dalam beribadah.
 

Other Articles