Ternyata, Kamu Bisa Lho Kurangi Rasa Nyeri Saat Haid!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

06 January 2019

Share artikel ini:

Saat mengalami haid, kadang kita jadi merasa nggak nyaman. Apalagi kalau perut terasa keram dan melilit, rasa cemas berlebih, sakit kepala, rasa lelah berlebih, hingga gangguan pencernaan — duh bikin mood berantakan. Tapi, tenang saja karena gejala di atas, selama tidak berlebihan, wajar terjadi kok, Healthy Women!

Dalam keadaan haid, hormon kita memang sedang bergejolak. Situasi ini berkaitan dengan hormon estrogen yang lebih tinggi dan keadaan progesteron yang lebih rendah. Estrogen adalah hormon yang bikin dinding rahim kamu menebal. Semakin tinggi estrogen, semakin tebal dan semakin banyak darah haid akan keluar. Sedangkan, progesteron sebagai hormon yang bertugas menenangkan tubuhmu. Alasan inilah yang buat kamu kerap merasa nyeri hingga bikin bad mood saat haid.

Worry no more, karena ternyata ada lho solusi alami untuk menyeimbangkan kadar kedua hormon tersebut - yang akan buat periode menstruasi kamu lebih terasa ringan dengan memperbaiki gelaja PMS yang mungkin datang menyerang. Simak!

1.    Magnesium, Sahabat Kala Haid!
Saat haid, mood swing adalah hal yang paling sering dialami akibat hormon yang tidak seimbang. Kalau sudah begini, magnesium akan jadi solusi dalam mendukung sistem saraf, mengatasi perasaan gugup, cemas, gelisah, dan mudah tersinggung. Kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi ini dalam sayuran berdaun hijau seperti kale, bayam, dan brokoli untuk 'menyulap' mood jadi lebih baik!
Selain itu, kamu bisa menambahkan asupan vitamin seperti vitamin B1, B6, dan E, zinc, dan asam lemak omega-3 untuk mencegah kram otot berlebih hingga peradangan.


2.    Banyak Minum Air
Saat haid, kamu harus tetap pastikan asupan air tercukupi dengan baik. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung. Namun, air bisa mengatasi perut kembung dan sembelit yang kerap dialami hingga bisa buat haid terasa lebih buruk. Selain itu, dengan mengonsumsi air secara cukup juga akan bantu melemaskan otot yang tegang agar terhindar dari kram otot yang berlebih.


3.    Ayo, Bergerak!
Rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias ‘mager’. Tapi kamu harus melawannya dengan aktif bergerak seperti berolahraga. Pasalnya, semakin aktif tubuh bergerak, maka rasa nyeri akan semakin berkurang dan dapat membantu kamu melewati masa haid dengan baik.
Manfaat tambahannya, olahraga menghasilkan endorfin, hormon yang bisa mengurangi nyeri dan tingkatkan mood baik. Selain itu, rutin berolahraga saat haid akan mengurangi masalah sirkulasi darah yang bisa bikin haid kamu tidak lancar. Berolahraga dan berkeringat pun dapat benar-benar meredakan nyeri dan memberi efek tenang pada tubuh.
Namun tetap perlu memperhatikan gerakan, dan membatasinya agar tidak berlebihan, ya. Selain aerobik dengan intensitas sedang, kamu juga bisa melakukan olahraga yang membuat tubuh sekaligus pikiran relaks seperti yoga atau pilates.


4.    Tidur Yang Cukup
Kurang tidur dapat mengganggu ritme sirkadian, yaitu pola atau ritme tubuh yang membantu mengatur pola tidur, kapan kita merasa lapar, tekanan darah dan suhu tubuh. Hal ini akan membuat tubuh kamu stres, sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Dengan waktu tidur yang cukup, pada orang dewasa disarankan 7 hingga 8 jam, dapat memberi waktu bagi tubuhmu dalam memperbaiki sel yang rusak, membangun energi untuk esok hari, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan hormon.

 

Nah, dengan rutin menjalani kebiasaan di atas, kamu bisa menyeimbangkan hormon dan buat haid terasa lebih mudah. Kalau sudah begini, say bye-bye to menstrual pain!

 

Other Articles