Pertama Kali Solo Traveling? Intip Dulu Tipsnya Biar Aman!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

04 March 2019

Share artikel ini:

Solo traveling mungkin menjadi salah satu bucket list yang masuk dalam resolusi tahun baru kamu. Memang sih ini akan jadi momen yang menantang dan memicu adrenalin. Selain lebih bebas, solo traveling memang bisa jadi cara kamu untuk mengekspresikan diri lebih jauh lagi lho, Healthy Women! Menikmati suasana baru hingga mencicipi kuliner lokal tanpa ada gangguan, hal ini yang bikin momen ini pastinya akan sarat kesan.

Tapi, di balik kebebasan yang kamu dapat, nyatanya solo traveling enggak bisa dibilang mudah juga untuk dijalani. Selain membutuhkan persiapan matang, kamu juga perlu memerhatikan secara lebih perihal keselamatan diri. Nah, buat kamu yang berencana ingin solo traveling, simak tips penting berikut untuk bantu menikmati liburan dengan aman dan nyaman.


1. Cek Semua Benda Penting Sebelum Berangkat

Pastikan semua barang-barang penting yang kamu butuhkan saat traveling sudah dikemas semua ke dalam satu koper atau ransel. Termasuk kebutuhan darurat seperti obat-obatan dan pembalut. Selain pemilihan baju yang sesuai kebutuhan, sepatu yang nyaman untuk digunakan juga penting masuk dalam list benda yang harus kamu persiapkan. Tapi, jangan jadi berlebihan membawa banyak tas ya, Healthy Women. Cukup pastikan kamu membawa barang yang benar-benar di butuhkan selama traveling demi kenyamanan.


2. Kabari Orang Terdekat

Menginformasikan mulai dari kota tujuan, tempat tinggal, hingga agenda yang akan dilakukan pada orang terdekat merupakan hal penting saat melakukan perjalanan sendirian. Tujuannya agar orang terdekatmu tidak merasa khawatir, begitu juga kamu bisa meminta pertolongan dengan cepat saat terjadi hal yang tak diinginkan. Pastikan juga kamu selalu keep in touch selama liburan ya.


3. Lakukan Riset Kota Tujuan Sebelum Berlibur

Penting buat kamu untuk mempelajari budaya hingga bahasa orang lokal dari lokasi yang ingin kamu tuju. Saat kamu bisa blend in dengan berkomunikasi dengan bahasa lokal, tentunya akan mempermudah perjalanan kali ini ya, Healthy Women!


4. Berpakaian ala Warga Lokal

Selain budaya dan bahasa, kamu juga perlu melakukan riset tentang pakaian yang biasa dikenakan orang setempat. Hindari outfit yang menyolok, terlalu terbuka, atau terlihat mahal bikin kamu jadi pusat perhatian karena tak sesuai dengan budaya setempat. Ingin tampil beda boleh saja, tapi jangan sampai salah kostum hingga menyulitkan kamu dan memicu kejahatan.


5. Simpan Barang Berharga

Penting untuk diingat bahwa kejahatan dapat terjadi dimanapun, Healthy Women. Jangan terlalu sering menampakkan barang-barang berharga mahal seperti kamera, perhiasan, handphone dan benda-benda mahal lainnya. Keluarkanlah benda-benda tersebut hanya saat benar-benar dibutuhkan, untuk meminimalisir kejahatan yang mungkin terjadi.


6. Jangan Beri Tahu Orang Lain Kamu Sedang Traveling Sendirian

Traveling memang menjadi salah satu kesempatan buat kamu bertemu dan memiliki teman baru. Tak dipungkiri, ini adalah bonus yang memang bikin momen berlibur makin seru. Meski begitu, jangan pernah memberi tahu pada orang yang kamu temui bahwa kamu sedang sendirian. Tetap waspada itu penting, Healthy Women! Tak ada salahnya berbohong dengan mengatakan sedang melakukan perjalanan dengan sahabat atau keluarga demi keselamatan dan kenyamananmu.


7. Percaya Pada Instingmu

Jika kamu merasa tidak nyaman akan suatu keadaan ataupun pada seseorang, jangan hiraukan mereka dan segera tinggalkan tempat itu. Tak perlu berpikir apakah perasaan atau instingmu itu benar atau salah, ikuti saja apa yang dikatakan nalurimu. Better be safe than sorry.


8. Bawalah Business Card Tempat Tinggal Kamu

Ini akan memudahkan kamu untuk kembali ke tempat yang benar meskipun sudah berkeliling jauh. Tinggal tunjukkan ke supir taksi atau kamu bisa bertanya dan mengikuti peta setempat hingga tak tersesat.
Traveling selalu memberikan pelajaran dan pengalaman berharga yang bisa kamu jadikan investasi buat kehidupan. Saat solo traveling, jangan takut untuk hang out, travel dan bersenang-senang bersama teman baru – asalkan kamu tetap hati-hati ya, Healthy Women. Stay safe and have fun

Other Articles