Nggak Perlu Takut Iritasi Saat Menstruasi, Cegah dengan Pilih Pembalut yang Tepat!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

18 November 2021

Share artikel ini:

Photo by Juan Pablo Serrano Arenas from Pexels

Girls,
kulit kamu sering mengalami gatal dan kemerahan di area miss v saat memakai pembalut? Iritasi saat mengenakan pembalut bisa terjadi karena kelembaban di daerah miss v. Darah yang keluar saat menstruasi sebenarnya ditampung oleh pembalut. Namun jika darah tersebut tidak terserap sepenuhnya, tidak ada sirkulasi udara untuk kulit dapat bernapas sehingga dapat menimbulkan kelembaban.

Kulit yang kemerahan, gatal, dan perih saat memakai pembalut, emang bikin nggak nyaman banget. Maka dari itu, kamu perlu mencari pembalut yang sesuai dengan kulit kamu yang sensitif. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah kulit iritasi!

Pilih Pembalut Dengan Daya Serap Tinggi
Salah satu penyebab kulit bisa iritasi dan gatal saat menstruasi adalah area miss v yang lebih lembab dari biasanya sehingga penting sekali untuk kita memilih pembalut dengan daya serap yang tinggi girls! Pembalut dengan daya serap tinggi mampu menampung darah yang keluar sehingga miss v tetap kering dan tidak lembab. Apalagi saat hari pertama menstruasi, pasti darah yang keluar deras banget. Oleh karena itu, kamu butuh pembalut yang bisa menampung banyak.

Pastikan Bahan Pembalut Aman Bagi Kulit

Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

Cara pertama untuk memastikan pembalut aman bagi kulit sensitif adalah dengan mengecek apakah permukaannya lembut. Permukaan atau tekstur yang lembut bisa mengurangi gesekan miss v dengan pembalut sehingga miss v tidak gatal dan kemerahan. Jangan lupa juga untuk memastikan pembalut tidak memakai bahan pewangi buatan ya, girls! Biasanya pewangi diberikan untuk menghilangkan bau tidak sedap, padahal penelitian membuktikan hal ini tidak efektif untuk menghilangkan bau justru bisa membuat miss v jadi sensitif.
 
Pastikan Pembalut Memiliki Izin Edar

Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

Setiap pembalut yang sudah memiliki izin edar telah melalui beberapa proses uji aman yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Misalnya, salah satu izin edar dari Kemenkes mewajibkan pembalut untuk memiliki daya serap minimal 10 kali dari bobot awal dan tidak memiliki fluoresensi atau uji kadar klorin yang kuat. Dengan memilih pembalut yang memiliki izin edar, kamu dapat memastikan bahwa pembalut tersebut aman digunakan bagi kesehatan.
 
Kamu bisa memilih Softex Daun Sirih sebagai solusi untuk mengatasi kulit sensitif saat menstruasi. Softex Daun Sirih memiliki ekstrak alami daun sirih yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau tidak sedap. Selain itu, Softex Daun Sirih juga sudah teruji Hypoallergenic yang berarti aman untuk kulit sensitif dan pastinya bersertifikasi HALAL yaa girls!
 
Selain memilih pembalut yang tepat, iritasi pada kulit juga dapat diatasi dengan rajin membersihkan dan merawat miss v. Karena saat menstruasi miss v lebih lembab, ganti pembalut minimal 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari munculnya bau yang tidak sedap dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit miss v. 
 
Kamu punya tips lainnya untuk memilih pembalut? Yuk, bagikan dan diskusi bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia !
 
 

Other Articles