Bolehkah Cabut Gigi Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

11 May 2022

Share artikel ini:

Photo by Anna Shvets from Pexels

Girls, kamu pernah dengar cabut gigi saat masa menstruasi bisa menyebabkan pendarahan? Banyak lho yang menyebutkan cabut gigi dapat menyebabkan infeksi kalau dilakukan selama menstruasi. Nah, kalau kamu ada rencana cabut gigi dalam waktu dekat dan sepertinya bersamaan dengan masa menstruasi, yuk pahami lebih lanjut dulu sebenarnya boleh nggak sih kita cabut gigi saat kedatangan tamu bulanan? 

Menstruasi dan Kesehatan Mulut
Kalau selama ini kita lebih tahu bahwa menstruasi bisa mempengaruhi suasana hati, ternyata fisik kita juga dapat terpengaruh lho! Sama juga dengan area mulut dan gigi yang kesehatannya dapat berubah sesuai hormon. Ada 5 tahap perubahan hormon pada perempuan yang mempengaruhi kesehatan mulut, pubertas, siklus menstruasi, penggunaan alat kontrasepsi, kehamilan, dan menopause.

Saat sedang kedatangan tamu bulanan, tubuhmu bisa mengalami perubahan hormonal seperti peningkatan hormon progesteron. Perubahan ini dapat menyebabkan gusi bengkak, kelenjar ludah bengkak, sariawan, sampai gusi berdarah. Radang gusi ini biasanya terjadi 1-2 hari sebelum siklus menstruasi dan hilang setelah siklus menstruasi dimulai.

Jika kamu tetap memutuskan untuk mencabut gigi, risiko dry socket akan lebih meningkat. Dry socket atau alveolar osteitis adalah kondisi penyembuhan yang terganggu setelah pencabutan gigi. Biasanya terjadi pada 1-3 hari setelah cabut gigi dan ditandai rasa sakit, bau mulut, sampai pembesaran kelenjar getah bening di area gigi yang dicabut. 

Kapan Sebaiknya Cabut Gigi?

Photo by Cedric Fauntleroy from Pexels
 
Dengan berbagai risiko yang dapat terjadi, disarankan untuk kamu tidak melakukan cabut gigi saat menstruasi ya girls! Kamu bisa melakukan penjadwalan pembersihan gigi atau pencabutan gigi seminggu setelah siklus menstruasi kamu selesai. Kamu juga bisa konsultasikan kondisi kamu sebelum melakukan pemeriksaan gigi ya!
 
Perawatan Gigi Saat Menstruasi
Untuk merawat mulut dan gigi saat menstruasi, kamu perlu berikan perhatian khusus. Karena ada risiko radang gusi lebih tinggi, sebaiknya selalu bersihkan mulut dan gigi setiap harinya ya girls! Sikat gigimu secara teratur dua kali sehari dan sikat secara lembut. Menyikat gigi secara teratur akan menghilangkan plak pada gigi.


Photo by Sora Shimazaki from Pexels
 
Girls selain sikat gigi, kamu juga bisa melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Tau nggak kalau cara ini jadi salah satu pembersihan gigi yang baik? Pembersihan dengan benang gigi bisa mengangkat sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi kamu sehingga mengurangi penumpukan plak. Untuk flossing ini kamu bisa lakukan sehari sekali ya.
 
Setelah membersihkan gigi dengan sikat atau benang, jangan lupa untuk juga gunakan obat kumur sebagai rutinitas menjaga kesehatan gigi kamu. Selain dapat menghilangkan bau mulut, obat kumur dapat mengurangi plak, mencegah gigi berlubang, serta mengatasi peradangan di dalam mulut seperti sariawan ataupun radang gusi.
 
Kamu tahu cara lainnya untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi ketika menstruasi? Yuk, bagikan cerita dan pengalaman kamu ke Instagram @womenhealthypedia!
 
 

Other Articles