Mulai Hidup Lebih Menyenangkan Dengan Self Acceptance

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

28 January 2021

Share artikel ini:

Girls, mungkin akhir-akhir ini kalian cukup sering mendengar istilah self-love atau mencintai diri sendiri di berbagai platform media sosial. Istilah ini mulai populer sejak orang-orang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental, apalagi di masa sekarang ketika pola hidup banyak orang berubah drastis, sehingga dapat menyebabkan stres. 

Tapi, sebelum jauh membahas self love, ada langkah awal yang perlu kamu pahami untuk memulainya nih, yaitu dengan menerima diri sendiri alias self acceptance.

 

Self Acceptance itu Apa ya? 

Self acceptance atau penerimaan diri adalah menerima diri kita dengan seutuhnya, baik kelebihan, maupun kelemahan kita. Penerimaan diri ini tentunya bisa membantu kamu biar lebih percaya diri untuk memutuskan sesuatu hal. Apapun hasilnya nanti, kamu akan menerimanya dengan ikhlas dan memandang kalau itu memang yang terbaik untuk kamu tanpa ambil pusing. Sayangnya, masih banyak orang yang gak sadar nih kalo sebenarnya kebahagiaan yang selama ini kita cari itu justru berawal dari penerimaan diri sendiri. 

 

Gimana Cara Ngelakuin Self Acceptance?

Benerapkan self acceptance bisa dibilang gampang-gampang susah, yang terpenting kita harus percaya kalau kamu pasti bisa melakukannya, Girls. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai self acceptance:

1. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Hal pertama yang perlu kamu ingat adalah gak ada orang yang berhak mengomentari dan menilai dirimu selain diri kamu sendiri. Ingat ya, Girls, kalau ada orang yang berani mengkritik kamu, cukup jadikan kritikan tersebut sebagai bahan introspeksi diri biar kamu lebih berkembang, bukan malah membiarkan kritikan tersebut bikin kamu jadi insecure. So, tetap selalu berpikir positif dan menerima semua kekuranganmu ya.

2. Lawan Rasa Takut

Selanjutnya adalah melawan rasa takut. Setiap orang pasti punya rasa takut dari pengalamannya masing-masing kaan? Tapi buat rasa takut itu jadi motivasi untuk kamu belajar lebih baik lagi yuk! Dari rasa takut itu, kamu bisa mengintropeksi diri dan mulai memperbaiki nya menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, kamu bisa melawan balik rasa takutmu itu dan akhirnya kamu lebih bisa menerima diri kamu apa adanya.

3. Tetap Berpikir Positif

Buat diri kamu untuk selalu berpikir positif dengan melakukan kesibukan-kesibukan yang menyenangkan dan menenangkan, Girls. Kemudian secara perlahan yuk mulai hindari hal-hal negatif yang ada di sekitar kamu selama ini dengan cara terbaik.

4. Menerima Kekurangan

Masih banyak orang yang belum bisa menerima kekurangannya dan selalu membandingkan dengan orang lain, kamu gitu juga gak, Girls? Tapi kamu sadar gak sih, orang yang selalu kamu banding-bandingkan dengan diri kamu juga punya kekurangan dan mungkin aja dia malah mau jadi seperti kamu? Makanya, Girls mulai coba menerima semua kekurangan yang kamu miliki yaa.

5. Memaafkan

Paling penting! Kalau kita aja bisa maafin orang lain, kenapa kita susah untuk memaafkan diri sendiri? Coba lah untuk mulai memaafkan diri kamu sendiri, Girls. Karena pada hakikatnya, manusia emang pasti akan melakukan kesalahan dan itu hal yang wajar. Dengan cara ini, kamu akan percaya diri memperbaiki kesalahan kamu dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih berkembang.

6. Percaya pada Diri Sendiri

Udah bukan jamannya mau ini-itu takut, Girls. Kamu harus bisa percaya sama diri kamu kalau kamu itu pasti bisa melakukannya. Ingat, semua orang itu punya kelebihannya masing-masing, dan yakin aja bahwa kelebihanmu itu belum tentu dimiliki orang lain. Dengan begini, kamu gak akan minder lagi dan lebih bisa menerima diri kamu.

 

Girls, itu tadi beberapa cara untuk kamu yang ingin menerapkan self acceptance biar kita lebih percaya diri dan gak takut untuk memulai suatu hal. Mulai sekarang, jangan ambil pusing untuk hidup yang lebih menyenangkan ya, cukup terima diri kamu apa adanya dan nikmati prosesnya.

 

Sumber:

https://riliv.co/rilivstory/menerima-diri-sendiri/

https://www.initentangpsikologi.com/2020/04/tips-meningkatkan-self-acceptance.html

Other Articles