Makan timun saat haid berbahaya? Bener nggak sih?

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

31 August 2022

Share artikel ini:

Foto: Freepik

Banyak banget mitos-mitos tentang haid yang beredar nih Babes! Salah satunya mengenai mitos nggak boleh makan timun saat haid, karena dipercaya bisa menyebabkan darah haid menempel di dinding rahim. Jika dibiarkan kondisi ini bisa menyebabkan penyakit seperti kista. Biar nggak bingung, yuk simak penjelasannya dibawah!

Bolehkah makan timun saat haid
Secara medis nggak ada larangan untuk mengkonsumsi timun saat haid. Timun juga banyak memiliki manfaat karena mengandung vitamin B dan serta kaya akan air, sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita dan bisa mencegah dehidrasi di cuaca yang panas. 
Timun juga memiliki kandungan antioksidan, yang sangat baik membantu tubuh melawan radikal bebas.

Foto: Freepik
Makanan yang dihindari saat haid
Jika timun memiliki manfaat dan baik dikonsumsi saat haid, sebaiknya kamu menghindari makanan yang bisa memparah kondisi nyeri haid kamu. 
Pertama, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas saat haid karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare. Selain itu juga bisa memperparah gejala kram perut. 
Kedua, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Karena bisa membuat rasa nyeri haid semakin parah dan kembung.
Ketiga hindari makanan manis yang memiliki kadar gula tinggi seperti coklat. Karena bisa menyebabkan kadar gula tidak stabil yang mempengaruhi mood swings. Sebaiknya kamu pilih mengonsumsi buah atau yogurt saat haid. 
Jadi, larangan makan timun saat haid cuma mitos ya Babes! Kamu boleh mengonsumsi timun dengan jumlah yang wajar, karena banyak manfaatnya, salah satunya kandungan air yang terdapat pada timun sangat baik untuk memenuhi cairan di tubuh kita, sehingga mencegah dehidrasi terutama di cuaca yang panas.
Kamu juga bisa gunakan Softex Natural Cool, ekstrak daun mintnya berikan sensasi #DinginAlami yang udah pasti bikin adem saat cuaca panas dan ekstrak daun sirihnya ampuh cegah bau dan hambat pertumbuhan bakteri!
 
Babes, punya pertanyaan atau mau share pengalaman seputar haid? Yuk langsung DM kita di IG @softexpedia, nanti kita bahas bareng ahlinya dr. Bram Sp.OG.


Other Articles