Ini yang Harus Kamu Perhatikan Saat Berolahraga di Bulan Puasa!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

07 April 2022

Share artikel ini:

Photo by PNW Production from Pexels

Girls, nggak terasa kita sudah kembali memasuki bulan puasa ya? Di waktu puasa, selama kurang lebih 13 jam kita tidak makan dan minum. Namun, itu bukan berarti kamu bisa beralasan untuk tidak tetap aktif berolahraga ya!

Faktanya berolahraga memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita lho! Selain menjaga berat badan, olahraga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil, mengendalikan kadar gula darah, sampai mengatasi stress dan memperbaiki suasana hati.

Terus, kalau mau olahraga saat puasa sebaiknya sebelum atau sesudah puasa? 
Nah berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berolahraga di bulan puasa:

Waktu yang Tepat 
Saat Ramadhan, kamu tidak disarankan untuk berolahraga saat berpuasa. Hal ini disebabkan perut yang kosong dan setelah berolahraga kamu membutuhkan air untuk menghidrasi tubuh. 

Maka dari itu, dianjurkan untuk berolahraga setelah berbuka puasa. Dengan catatan, saat berbuka jangan makan terlalu banyak. Selain itu, kamu juga dapat berolahraga sekitar 1 jam sebelum berbuka. Sehingga, ketika selesai berolahraga kamu dapat berbuka dan menghidrasi tubuh.

Jenis Olahraga yang Dianjurkan
Apabila belum terbiasa berolahraga di bulan puasa, kamu bisa mulai dengan berjalan santai atau bersepeda terlebih dahulu. Kedua jenis olahraga ini tidak terlalu mengeluarkan banyak keringat namun tetap memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan otot.


Photo by Blue Bird from Pexels
 
Olahraga lainnya yang tidak terlalu banyak menguras energi dan cenderung ringan adalah yoga. Berlatih yoga selain mengencangkan otot tubuh, kamu juga dapat melatih pernapasan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.
 
Saat puasa, disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang berintensitas tinggi ya girls. Apalagi jika tubuh kamu belum terbiasa berolahraga. Olahraga berintensitas tinggi bisa menguras energimu terlalu banyak, kamu nggak mau kan jadi lemas setelah berolahraga?
 
Asupan Makan dengan Gizi Seimbang
Saat sahur dan berbuka penting banget nih buat memastikan tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan air. Untuk sahur sebaiknya konsumsi karbohidrat seperti nasi agar energi kamu tetap terjaga saat puasa.


Photo by Alesia  Kozik by Pexels
 
Protein adalah salah satu nutrisi yang penting saat berolahraga. Kamu dapat menemukannya dari hewani atau nabati seperti telur dan susu. Protein ini berguna untuk memberikan zat besi pada otot saat berolahraga. Untuk vitamin, kamu dapat mengkonsumsi dari buah-buahan. Sedangkan lemak, dianjurkan omega tiga pada ikan atau alpukat.
 
Asupan yang paling penting dari semuanya adalah air. Saat puasa, tubuh kehilangan banyak air dan berbahaya bagi kesehatan jika kamu kekurangan air. Sumber air yang bisa kamu temukan selain minum air putih adalah dari kuah sop ataupun buah-buahan.
 
Aware Terhadap Alarm Tubuh
Hal lain yang harus kamu perhatikan saat berolahraga di bulan puasa adalah tubuh kamu sendiri. Dengarkan dan sadari alarm yang tubuh kamu berikan. Jika di tengah olahraga merasa pusing, kamu mungkin mengalami dehidrasi atau gula darah rendah. Sebaiknya hentikan olahraga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya girls!
 
Gunakan Pantyliners yang Nyaman
Saat berolahraga, kamu pasti berkeringat dan bikin kamu jadi nggak nyaman di area miss V.  Nah untuk menjaga kelembaban miss V, kamu perlu menggunakan pantyliner yang nyaman seperti Pantyliners Softex Daun Sirih! Dengan kandungan antiseptik alami, miss V terjaga kelembabannya dan menghindari risiko keputihan. Terlebih lagi, Pantyliners Softex Daun Sirih #PastiHalal jadi kamu tetap nyaman untuk beribadah.
 
Yuk beli Pantyliners Softex Daun Sirih sekarang girls!
 
Kamu punya tips lainnya dalam berolahraga di bulan puasa? Yuk, bagikan tips yang kamu punya ke Instagram @womenhealthypedia!
 

Other Articles