Girls, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Ukuran Bra yang Tepat!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

17 March 2022

Share artikel ini:

Photo by Castorly Stock from Pexels

Sering disepelekan, tapi kamu tahu nggak girls kalau salah pilih ukuran bra bisa berpengaruh ke kesehatan kita lho! Bra sebenarnya memiliki berbagai manfaat seperti mengurangi guncangan pada payudara, membentuk payudara, dan menjaga postur tubuh. 

Dikutip dari National Breast Cancer Foundation, disebutkan bahwa 4 dari 5 perempuan menggunakan bra yang ukurannya salah. Padahal, bra digunakan setiap hari atau dalam jangka waktu yang panjang. Ukuran bra yang pas tentunya dapat menjaga kesehatan payudara.

Yuk, kita lihat apa saja dampak dari penggunaan bra yang salah!

Dampak Penggunaan Bra yang Tidak Tepat

 
Kamu pernah nggak merasa sakit di area leher, punggung, atau bahu? Mungkin itu salah satunya diakibatkan oleh ukuran bra yang terlalu kecil. Bra Strap Syndrome terjadi ketika tali bra terlalu kencang dan menekan bahu sehingga terasa sakit di area tersebut.
 
Ini terjadi karena tali bra yang menekan pembuluh darah dan arteri di sekitar leher, punggung, dan bahu sehingga memberikan rasa sakit. Jika setelah melepas bra ada tanda merah di kulitmu, itu salah satu tanda kamu mengalami Bra Strap Syndrome.
 
Selain sakit di area tadi, pemilihan ukuran bra yang salah juga dapat menyebabkan sakit kepala. Akibat kurangnya topangan dari area dada, otot leher harus bekerja lebih keras untuk menopang beban. Jika berlangsung lama, dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
 
Dampak lainnya yang mungkin tidak kamu sangka adalah masalah pada kulit. Bra yang terlalu kencang dapat menimbulkan lecet, ruam, atau gatal-gatal pada kulit. 
 
Lain lagi jika kamu memilih bra yang terlalu besar. Payudara bisa menjadi mengendur ketika bra tidak bisa mendukung topangan pada payudara. Selain itu bra yang kebesaran juga akan memberikan rasa tidak nyaman untuk kamu menjalani aktivitas sehari-hari.
 
Cara Memilih Ukuran yang Tepat
Nah, berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa kamu terapkan dalam memilih bra yang sesuai ukuran payudara. Pertama dengan trik dua jari. Trik ini cukup mudah, kamu hanya perlu menyelipkan 2 jari ke tengah-tengah bra. Jika ada celah untuk 2 jari kamu masuk, bra tersebut pas ukurannya dengan lingkar dada bawah.
 
Berikutnya, kamu dapat memperhatikan apakah payudara keluar dari cup bra. Jika payudara masih menyelip di antara pinggiran cup bra, berarti tali bra terlalu kencang atau bra tersebut terlalu kecil untuk ukuran payudaramu.

Jangan lupa juga untuk mengganti bra setelah lama dipakai. Bra favoritmu harus diganti jika tidak lagi memberi support kepada payudara seperti sebelumnya. Untuk menjaga ketahanan bra, kamu bisa rawat dengan mencucinya secara lembut dengan tangan.


Photo by Alexander Suhorucov from Pexels
Memilih bra yang sesuai ukuran sangat penting untuk kamu lakukan. Kenapa? Karena bra yang tepat akan memberikan kenyamanan saat kamu beraktivitas serta menjaga payudara tetap sehat.
 
Kamu sendiri punya tips lainnya untuk memilih ukuran bra yang tepat? Yuk, bagikan kepada teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia!
 

Other Articles