Girls, Coba olahraga ini saat menstruasi!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

26 July 2022

Share artikel ini:

Foto: Freepik

Olahraga itu memang baik buat tubuh kita, tapi saat menstruasi sering kali kita mengalami gejala-gejala yang bikin kurang nyaman untuk beraktivitas khususnya olahraga. Biasanya dikarenakan karena perubahan hormon yang mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh kita.

Namun ada baiknya kita tetap berolahraga saat menstruasi, sebab ada manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga lho, Girls. Yuk, simak beberapa olahraga yang bisa kita lakukan saat menstruasi:
1. Jalan Kaki
Jenis olahraga ini tergolong olahraga ringan yang boleh kamu lakukan saat menstruasi. Berjalan kaki bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mood saat menstruasi. Jalan kaki bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kita, yakni hormon yang membantu mengurangi rasa sakit.
2. Bersepeda
Gerakan bersepeda bisa membantu mengurangi rasa kram di perut dan nyeri punggung lho. Pilih rute bersepeda yang dekat supaya nggak kelelahan. Kamu juga bisa menggunakan sepeda statis. Jangan lupa juga untuk perbanyak minum air putih ya Girls!
3. Senam Ringan
Pilih gerakan senam yang memiliki intensitas ringan seperti senam aerobik. Saat melakukan senam hindari gerakan melompat ya Girls, dan pilih gerakan yang mudah, sesuai kemampuan kamu.
Senam aerobik dapat membantu sirkulasi darah, mengatasi pegal yang dirasakan saat menstruasi, dan membuat mood lebih bersemangat lho.
4. Yoga 

Foto: Freepik
Olahraga ini bisa merilekskan mood swing dan mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Yoga juga dapat melatih cara pernapasan dan peregangan tubuh kita. Namun hindari gerakan dengan posisi tertentu seperti handstand, shoulder stand, twisting pose atau gerakan ekstrim ya Girls! Karena gerakan-gerakan seperti kaki diatas, dapat menahan keluarnya darah kotor sehingga mengakibatkan adanya gumpalan darah di daerah rahim.


Foto: womenhealthypedia.com
Nah, kamu bisa coba beberapa olahraga di atas saat menstruasi tapi tetap patuhi apa aja gerakan yang harus dihindari ya Girls! Kamu juga bisa pakai Softex Celana Menstruasi Daun Sirih untuk menemani olahraga kamu saat menstruasi. Perlindungan 360 derajat Softex Celana Menstruasi Daun Sirih ampuh cegah bocor dan kandungan daun sirih sebagai antiseptik alaminya hambat pertumbuhan bakteri, bau tidak sedap & gatal.

Girls, kamu punya pengalaman atau ingin bertanya seputar menstruasi? Share pengalaman dan pertanyaan kamu di Instagram @womenhealthypedia yuk, nanti kita bahas bareng dr. Bram Sp.OG.

 



      1.  

Other Articles