Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siklus Menstruasi

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

12 March 2019

Share artikel ini:

Girls normalnya masa menstruasi berlangsung selama tiga sampai tujuh hari dengan siklus menstruasi setiap 28 hari sekali. Namun mungkin beberapa dari kamu memiliki siklus dengan waktu 21 sampai 35 hari dan hal tersebut masih tergolong normal kok. Jika kamu sedang mengandung biasanya siklus menstruasi juga bisa menjadi tidak teratur. Menstruasi terlambat juga dapat disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, namun bisa juga terjadi akibat kondisi medis tertentu, misalnya penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari di otak. Peningkatan hormon prolaktin ini dapat memengaruhi kinerja hormon lain yang berperan dalam proses menstruasi, yaitu estrogen dan progesteron.

Selain itu Sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dapat menjadi salah satu faktor terganggunya siklus mentruasi, karena di setiap siklus haid, seharusnya folikel membuka dan melepaskan telur yang matang. Pada wanita dengan PCOS, ini tidak terjadi. Sebaliknya, folikel tongkat malah menjadi kista kecil. Siklus menstruasi menjadi lebih jarang terjadi atau berkepanjangan. Misalnya, periode menstruasi menjadi lebih panjang yaitu 35 hari hingga 45 hari atau bahkan kamu bisa sama sekali tidak mengalami menstruasi, suatu kondisi yang disebut amenore Hal ini bisa terjadi karena indung telur mengembangkan terlalu banyak cairan (folikel) dan gagal melepaskan telur secara teratur. Namun kalian tak perlu khawatir, siklus menstruasi yang tidak teratur bukan selalu disebabkan oleh hal yang tidak normal kok.Yuk simak faktor apa saja yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi kamu!

1.Stress

Hal pertama yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi ialah stres. Stres dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus dalam otak yang akan berdampak kepada fungsi ovariumatau indung telur. Jika indung telur tidak bekerja dengan baik dan benar (proses ovulasi terganggu) hal ini yang dapat membuat menstruasi kamu menjadi tidak teratur.

2.Olahraga yang berlebihan

Tidak dapat dipungkiri, olahraga secara teratur memang memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika olahraga dilakukan terlalu berat dan berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai "amenore"atau berarti tidak adanya menstruasi lho. Hal ini dikarenakan produksi estrogen dalam tubuh menjadi berkurang karena melakukan olahraga secara berlebihan. Maka dari itu jangan memaksakan diri untuk kembali berolahraga ketika kamu sudah merasa sangat lelah, ketahuilah kondisi tubuhmu sendiri ya Girls!

3.Overweight/Underweight

Naik atau turunnya berat badan secara drastis bisa menjadi salah satu faktor penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur juga lho.Over atau under-weight dapat mempengaruhi produksi estrogen (hormon) yang membantu membentuk lapisan rahim untuk dibuahi. Maka saat berat badan kita meningkat secara berlebihan, tubuh juga akan memproduksi lebih banyak estrogen yang dapat menyebabkan dinding rahim menebal dan periode menstruasi kita menjadi lebih panjang. Sedangkan jika kamu kekurangan berat badan, terutama saat kehilangan banyak berat badan secara tiba-tiba, hal ini dapat memunculkan masalah yang berlawanan dengan periode kamu. Penurunan frekuensi ovulasi dan pembentukan dinding rahim dapat menyebabkan menstruasi jarang terjadi atau bahkan berhenti sama sekali.

4.Merokok dan alkohol

Kebiasaan merokok selain tidak baik untuk kesehatan juga bisa mempengaruhi kesuburan sistem reproduksi wanita, termasuk siklus menstruasi, Girls. Sebuah penelitian di Australia tahun 2014 menemukan bahwa wanita yang merokok 41% lebih mungkin mengalami periode menstruasi yang menyakitkan dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok. Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa berdampak pada siklus menstruasi yang tidak lancar. Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (NIAAA), wanita yang mengonsumsi alkohol lebih mudah mengalami gangguan menstruasi dan reproduksi, mulai dari siklus menstruasi yang tidak teratur sampai berhentinya menstruasi.

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika siklus menstruasi kamu tidak teratur. Yang perlu kamu lakukan untuk menghindarinya ialah dengan menghindari stress, olahraga berlebihan, perubahan pola makan yang drastis, merokok dan mengkonsumsi alkohol. Jika kamu memiliki keluhan lebih lanjut kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter atau bertanya pada Ask Our Expert di laman softexbebasworry.com yang akan dijawab langsung oleh Dr. Bram Pradipta ya,Girls! Semoga bermanfaat!

Other Articles