Buah Ini Bisa Menghambat Pertumbuhan Bakteri Pada Vagina lho!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

28 January 2021

Share artikel ini:

Kalian pasti setuju, kalau menjaga kesehatan & kebersihan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang wanita, iya kan? Karena hal ini merupakan salah satu cara agar fungsi vagina menjadi normal dengan pH seimbang. Normalnya pH ini bikin keseimbangan flora menjadi normal, atau bisa dibilang bakteri baik yang menjaga vagina dari bakteri patogen (jahat) dan juga melindungi wanita dari infeksi saluran kemih yang cukup berbahaya lho. 

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan vagina ini pastinya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki manfaat untuk vagina, salah satunya adala buah cranberry. Emang apa aja sih manfaat buat yang satu ini?

 

Manfaat Buah Cranberry

Buah yang biasanya dijadikan jus oleh sebagian orang ini, ternyata memiliki banyak manfaat lho! antara lain: 

1. Sebagai antioksidan

Buah cranberry memiliki antioksidan tinggi yang dapat mencegah mencegah infeksi saluran kemih dan meningkatkan kesehatan secara umum.

2. Menyesuaikan pH normal vagina

Selain memiliki antioksidan, senyawa asam pada buah cranberry juga dapat menjaga kesehatan saluran kemih dengan menyesuaikan dengan pH normal vagina dan dapat menghambat berkembangbiaknya bakteri E. coli (salah satu bakteri patogen) secara alami.

3. Sumber vitamin A, C, dan E

Vitamin ini tentunya dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh secara menyeluruh, sehingga juga berguna untuk kesehatan daerah vagina.

 

Buah Cranberry & Bakteri di Vagina

Salah satu penyakit yang paling membahayakan wanita ialah infeksi saluran kemih. Infeksi ini seringkali juga menjadi masalah bagi pasangan yang sudah menikah, karena infeksi saluran kemih yang terus menerus dan gak teratasi bisa menyebar menjadi infeksi pada vagina dan rahim. Serem ya, Girls. 

Faktor yang memicu terjadinya infeksi saluran kemih antara lain karena  hubungan seksual, penggunaan kontrasepsi, resistensi obat, menopause, genetik, dan infeksi bakteri itu sendiri. Namun, infeksi ini paling sering terjadi karena bakteri E. coli.

Nah, disinilah buah cranberry di perlukan. Buat cranberry dipercaya dapat mencegah penempelan bakteri E. coli di area kewanitaan yang menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih.  Tanpa adanya penempelan ini, permukaan vagina bisa terlindungi dari berbagai macam bakteri. 

Salah satu cara pencegahan biar gak terjadi penempelan tersebut dimediasi oleh 2 komponen dalam cranberry yaitu fruktosa yang menghambat fimbriae tipe 1 dan anthocyanidins dan proanthocyanidins (PAC) yang menghambat penempelan p-fimbriae. Sedangkan, cara lain untuk mencegah penempelan bakteri E. coli adalah dengan mengubah susunan dari molekul permukaan. Cranberry diketahui bisa menyesuaikan pH vagina melalui perubahan susunan molekul fimbriae E.coli, dimana secara spesifik dapat mengurangi panjang fimbriae dan kekerasannya.

 

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Cranberry?

Cara mengkonsumsi buah cranberry terdapat 2 cara, bisa dimakan langsung, atau juga bisa dijadikan jus. Namun untuk mengonsumsi buah ini, sebaiknya 100 persen asli dan jangan ditambahkan gula ya Girls, karena gula justu dapat mengganggu kesehatan vagina dan mengurangi efek dari buah cranberry, sayang banget ya.

Sejauh ini, tidak ada kondisi atau penyakit khusus yang melarang seorang wanita untuk mengonsumsi buah cranberry. Namun perlu diingat ya, Girls, karena terdapat kadar asam pada buah ini jadi kamu harus berhati-hati mengonsumsinya jika memiliki keluhan pada lambung.

Semoga bermanfaat, Girls!

Other Articles