Jangan Coba Lakukan Hal Ini Saat Menstruasi!

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

14 August 2020

Share artikel ini:

“Jangan minum yang dingin saat mens, nanti darahnya beku lho!”

 

Kamu pernah denger omongan itu ga, Girls? Itu ga benar kok, hanya mitos saja. Faktanya, saluran reproduksi dan saluran pencernaan kita berbeda. Jadi, ga mungkin minuman dingin yang kita minum bisa mengganggu menstruasi.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya memang dihindari untuk dilakukan waktu kita sedang menstruasi. Yuk cari tau!

 

1. Mencabut Gigi

Sebaiknya hindari mencabut gigi saat menstruasi karena menurunnya jumlah sel darah dalam tubuh kita. Dengan kondisi seperti itu, operasi yang traumatik seperti mencabut gigi dapat menyebabkan pendarahan hebat bahkan infeksi. Kalau kamu sudah terlanjur membuat jadwal mencabut gigi dengan dokter, kamu bisa langsung konsultasi dengan mereka untuk merubah jadwalnya saat kamu sudah selesai menstruasi.

 

2. Waxing

Waxing pada saat keadaan tubuh normal saja masih bisa terasa sakit, tapi kalau kamu waxing saat menstruasi, sakitnya bisa berkali-kali lipat, Girls! Hal itu karena kadar hormon estrogen dan progesteron menurun yang membuat tubuh jadi lebih peka terhadap rasa sakit dan kulit lebih sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya kita ga melakukan waxing saat menstruasi ya!

 

3. Melakukan Pemeriksaan Payudara

Pemeriksaan payudara penting banget dilakukan secara rutin, tapi ga boleh saat menstruasi ya. Tubuh yang jadi lebih peka karena menurunnya kadar hormon estrogen dan progesteron, membuat payudara menjadi sangat sensitif, menyebabkan pemeriksaan payudara saat menstruasi tidak nyaman. Sebaiknya, pemeriksaan payudara dilakukan sekitar seminggu setelah menstruasi.

 

4. Terlalu Banyak Konsumsi Susu dan Olahannya

Hindari konsumsi produk olahan susu seperti keju atau yoghurt saat menstruasi ya, Girls! Asam arakidonat yang terkandung pada susu akan menimbulkan produksi prostaglandin dalam tubuh yang memicu kram perut, membuat perut terasa lebih kembung, begah, sampai mual.

Untuk tetap memenuhi kalsium yang dibutuhkan saat menstruasi, sebaiknya kamu mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, makanan laut seperti seafood, dan kacang-kacangan.

 

Pastikan kamu menghindari hal-hal di atas saat menstruasi ya, Girls! Nah, kalau omongan saat menstruasi ga boleh minum yang dingin, olahraga, dan keramas, itu semua hanya mitos! Hal-hal itu ga mempengaruhi tubuh kita saat menstruasi. Malahan olahraga bisa buat tubuh dan mood jadi lebih baik ketika dilakukan saat menstruasi lho!

Kalo kamu masih punya banyak pertanyaan seputar menstruasi ataupun kesehatan Miss V, kamu bisa konsultasi secara gratis dengan dr. Bram Pradipta Sp.OG di laman Ask Our Expert. Yuk konsultasi sekarang! Semoga bermanfaat ya, Girls!????

 

Sumber:

https://parenting.orami.co.id/magazine/hati-hati-ini-bahaya-mencabut-gigi-saat-menstruasi/

https://www.popmama.com/life/health/annas/larangan-saat-haid/7

https://www.idntimes.com/health/sex/shelly-salfatira/yang-jangan-dilakukan-saat-haid/4

Other Articles