Menstruasi Nggak Teratur? Hati-Hati Bisa Jadi Karena Stres

Womenhealthypedia

Ditulis oleh:

Womenhealthypedia

17 June 2021

Share artikel ini:

Girls, normalnya masa menstruasi berlangsung selama 3-7 hari dengan siklus menstruasi setiap 28 hari sekali. Kalau siklus menstruasi kamu nggak sesuai, kamu wajib hati-hati nih, apalagi kalau kamu lagi mengalami stres.


Setiap orang pasti mengalami stres, kalau stres ringan, masih mungkin berdampak positif, tapi kalau stres yang dialami cukup tinggi, sudah pasti bisa berdampak negatif buat kesehatan. Nah, buat wanita, stres berlebihan bisa membuat menstruasi jadi nggak teratur nih, Girls. Penasaran gak sih, kenapa stres bisa mempengaruhi menstruasi? Cek info selengkapnya berikut yuk!

 

Gimana sih stres mempengaruhi menstruasi?



Kadar hormon kortisol atau biasa disebut hormon stres jumlahnya meningkat saat kamu mengalami stres. Itulah yang menyebabkan adanya penekanan hormon reproduksi yang berakibat pelepasan sel telur menjadi nggak normal atau bahkan nggak terjadi pelepasan sel telur sama sekali. Gangguan hormon inilah yang dapat membuat siklus menstruasi kamu menjadi lebih panjang, lebih pendek atau bahkan nggak menstruasi sama sekali.

Apalagi ya pengaruh stres terhadap menstruasi?



Selain siklus menstruasi yang terganggu, stres juga mempengaruhi nyeri saat menstruasi, Girls. Jadi buat kamu yang biasa mengalami nyeri menstruasi, bisa mengalami gejala nyeri menstruasi yang lebih berat saat sedang mengalami stres tinggi.

Terus, gimana sih cara mengelola stres agar siklus menstruasi teratur?



Cara utama untuk mengurangi dampak dari stres adalah dengan mencari cara mengurangi stres itu sendiri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga, beristirahat/cukup tidur, bercerita/curhat tentang masalah yang dialami kepada keluarga atau teman, bersosialisasi atau melakukan aktivitas sosial, meditasi, dan makan makanan yang bernutrisi.

Nah, sekarang kamu udah tau kan kenapa stres bisa membuat menstruasi jadi nggak teratur. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah berusaha untuk mengelola stres dengan mengikuti berbagai cara di atas, tapi jika kamu memiliki keluhan lebih lanjut mengenai stres ataupun menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya, Girls. Semoga bermanfaat!

Other Articles